Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaring-Jaring Tabung, Kerucut dan Bola

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai jaring-jaring bangun ruang sisi datar yang meliputi Kubus, Balok Prima dan Limas. Artikel kali ini dapat dikatakan sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai jaring-jaring bangun ruang sisi lengkung yang meliputi Tabung, Kerucut dan Bola.

[Baca: JARING-JARING KUBUS, BALOK, PRISMA, DAN LIMAS]

Jaring-Jaring Tabung

Tabung merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh 3 buah bidang sisi yaitu sisi alas, sisi atas, dan sisi lengkung. Sisi alas dan sisi atas dari tabung merupakan daerah yang berbentuk lingkaran yang kongruen. Sedangkan sisi lengkung dari tabung merupakan sisi tegak yang disebut juga dengan selimut tabung. Jaring-jaring tabung terdiri atas sisi alas dan sisi atas serta selimut tabung yang berbentuk persegi panjang.

Jaring-jaring Kerucut

Kerucut adalah suatu bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi, yaitu sisi alas dan sisi lengkungnya. Sama halnya dengan tabung sisi alas dari kerucut berbentuk lingkaran sedankan sisi lengkungnya disebut selimut kerucut. Jaring-jaring kerucut terdiri dari sisi alas yang berbentuk lingkaran, serta sisi selimut berupa juring lingkaran dengan jari-jari garis pelukisnya (s) dan panjang busurnya sama dengan panjang keliling alasnya. Salah satu bentuk dari jaring-jaring kerucut dapat digambarkan sebagai berikut.

Jaring-Jaring Bola

Bola merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah sisi saja dan tidak memiliki rusuk. Bangun bola dalam kehidupan sehari-hari sangat mudah kita temui misalnya bola basket, bola sepak bola, bola tenis meja dan masih banyak lagi. Jaring-jaring bola dapat dibuat berupa irisan-irisan yang menyerupai punggung daging buah jeruk. Untuk membuat jaring-jaring bola perlu dilakukan beberapa langkah yang akan dijelaskan pada artikel lain yang khusus membahas mengenai cara membuat jaring-jaring bola. Salah satu bentuk jaring-jaring bola dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

1 comment for "Jaring-Jaring Tabung, Kerucut dan Bola"

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan