Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

UN Berbasis Komputer Terbatas Untuk Sekolah Piloting

Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) akan dimulai diselenggarakan secara lebih luas mulai tahun 2015 ini. Namun, penyelenggaraannya pada tahun ini hanya terbatas di sekolah-sekolah piloting saja. Kemendikbud telah memilih 862 SMA/SMK sebagai sekolah perintis CBT untuk diverifikasi kesiapannya oleh dinas pendidikan provinsi.

Sekolah perintis pelaksana CBT, harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan Puspendik. Persyaratan tersebut salah satunya adalah ketersediaan komputer. Rasio minimal antara jumlah siswa peserta UN dengan jumlah komputer adalah 1:3. Sekolah perintis harus memiliki server yang baik, misalnya memiliki memori cukup untuk menyimpan data dari pusat. Hal-hal itulah yang akan diverifikasi dinas pendidikan provinsi sebelum Kemendikbud memutuskan nama-nama sekolah yang akan menjadi sekolah perintis UN dengan CBT. Setelah proses verifikasi selesai, Kemendikbud akan melakukan instalasi aplikasi CBT di server sekolah perintis.

Dalam hal sumber daya manusia, kemdikbud akan melatih guru TIK dan pranata komputer yang nantinya ditugaskan dalam penyelengaraan UN berbasis CBT. Jika semua kelaengkapan UN berbasis CBT sudah siap kemdikbud nantinya akan menyelenggarakan try out untuk siswa kelas 3. Try out sendiri, akan dilaksanakan senbanyak dua kali. Untuk jadwal try out, Kemdikbud berencana melaksanakan try out pertama pada minggu ke-3 dan ke-4 Februari 2015. Try out bertujuan melatih siswa agar terbiasa menggunakan komputer,  sekaligus untuk evaluasi apakah sistem dan infrastruktur sudah siap. Audit terhadap try out pertama itu akan dilakukan pada minggu pertama Maret 2015. Selanjutnya try out kedua akan berlangsung pada minggu ke-3 dan ke-4 Maret 2015.

Kedepannya, kemdikbud berencana melaksanakan UN berbasis CBT di seluruh sekolah di Indonesia. Namun , pelaksanaan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Kemendikbud pun telah menyiapkan berbagai persiapan agar nantinya CBT dapat dilaksanakan di semua sekolah.

Semoga Bermanfaat :)

Post a Comment for "UN Berbasis Komputer Terbatas Untuk Sekolah Piloting"